BAGAIMANA CARA MEMPERPENDEK LINK MENGGUNAKAN BIT.LY

Tampilan


Saat membuat link dalam sebuah kegiatan yang menggunakan daring tentu tidak terlepas dari segala administrasi yang dibutuhkan oleh pihak penyelenggara kegiatan. Baik berupa daftar hadir, link kegiatan, dan lain sebagainya sebagai bagian dalam mempermudah perekrutan peserta untuk bisa terlibat dalam diskusi daring tersebut. 

Tetapi ketika dalam membuat link kegiatan yang akan dishare terkadang link yang dibuat terlalu panjnag sehingga tidak mudah diingat apalagi jika link berisi kombinasi huruf dan angka tentu ini akan mempersulit untuk mengingat link tersebut. Untuk itu ada cara yang mudah bagi sahabat guru yang belum mengetahuinya untuk bisa belajar bagaimana cara membuat link kegiatan sesuai yang diinginkan dan link mudah diingat sesuai dengan kegiatan yang akan dilaksanakan. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
Klik logo rantai untuk melihat link yang sudah dibuat
  • Jika memberikan cheklist pada tampilan di atas yang tertulis "Perpendek URL" hasil yang ditampilkan akan pendek tetapi link masih sulit diingat karena menggunakan kombinasi huruf dan angka. 

Hasil link yang ditampilkan masih sulit diingat
  • Agar link yang dihasilkan mudah diingat maka link haruslah diperpendek sesuai yang diinginkan. Ada dua website yang yang biasa saya gunakan untuk memperpendek link. http://gg.gg/  dan https://app.bitly.com/bbt2/. Kedua website penyedia jasa memperpendek link tersbut bisa digunakan. 


MENGGUNAKAN WEBSITE https://app.bitly.com/bbt2/.

Langkah-langkah memperpendek sebagai berikut :






Tampilan link pertama kali bit.ly
  • Klik tulisan "CREATE
Tampilan setelah diklik create
  • Tempelkan link yang sudah disalin ke dalam kolom "PASTE LONG URL"
Tampilanya

  • Isikan pada kolom "TITLE" (presensiSI20) dan kolom "CUSTOMIZE BACK-HALF" dengan PresensiSI20 kemudian klik "SAVE"
Tampilan 
  • Kemudian klik saja copy di bagian atas yang tersedia, baru buka tab baru dan tempelkan link yang sudah dicopy barusan pada kolom kosong website yang akan dibuka
  • Maka akan ditampilkna presensi yang sudah dibuat.
Tampilan presensi 

  • Selesai









Komentar