SUKSES SEJAK MUDA, BAHAGIA MENYERTAINYA


Sumber poto : Pribadi


 Sumber poto : Narasumber

Sumber poto : Narasumber

Tepatnya Minggu tanggal 19 April 2020 grup "Sahabat Inspiratif 2020" mengadakan diskusi secara online via grup WhatsApp yang diisi langsung oleh narasumber Enjang Idrus, M.Pd.I. CH. C.STMI seorang dosen, Asesor PAUD PNF, Motivator, Editor Buku, dan Penulis 30 buku. 

Materi :

Terima kasih Anda telah Tetawa, sehingga otak kita sudah masuk pada zona alfa. ini.

 Sumber poto : Narasumber

Sumber poto : Narasumber


Jurus pertama

Saat Kita Mau Bahagia maka kita mau sukses kita yang memutuskan, saat kita mau bahagia kita yang memutuskan. keputusan bahagia ini ada di dalam diri kita. 

Pertanyaannya kenapa banyak orang ingin sukses dan bahagia tetapi tidak tercapai? 
karena banyak yang tidak memutuskannya untuk itu. 

Sukses dulu atau bahagia dulu ini menjadi pertanyaan besar? 
Bila mau sukses kita harus bahagia bukan kita sukses, baru bahagia. Kenapa mesti bahagia dulu karena dengan bahagia kita akan enjoy melakukanya dan mencapai sukses itu, karena sukses bisa dikata singkatan dari "SUKA PROSES" artinya bahagia saat melakukan proses itu. dari pengalaman diskusi bersama orang sukses ternyata bahgia dulu yang dimunculkan. bukan sukses dulu. Selain itu bahagia yang muncul itu memberikan ruh pada pencapaian kesuksesan

saat  kita bekerja dalam profesi apapun tidak membuat bahagia tinggalkan karena akan mengelurkan keluhan negatif. Tetapi saat kita bahagia dalam pekerjaan apapun maka keluarnya akan positif. Nah yang positif inilah yang didambakan. Baik oleh pasangan pengantin yang baru nikah, istrinya positif hamil, tapi klo psotif COVID 19 tidak ya.


Sumber poto : Narasumber

Jurus kedua 

Sukses bahagia itu diberikan Tuhan. Kenapa masih susah? 

Bahagia dan sukses itu ada di depan kita, bukan jauh dari dalam diri kita. Saat tuhan menjadikan sel ovum dan sperma itu artinya kita yang sukses. Selain itu Tuhan itu menciptakan manusia untuk sukses. Bukan untuk susah. Hal ini terjadi karena pendidikan di rumah atau sekolah bukan untuk mensuksesakan sesuai karakter anak.

Saat kita belum bahagia dan sukses. Silahkan tanyakan pda diri sendiri, kenapa masih susah? 

Pasti masih banyak jawaban sesuai dengan persepsi masing-masing tetapi pada dasarkan otak bawah sadarkan kita itu tidak dibina untuk bahagia dan sukses. misalnya kenapa orang kaya makin kaya, orang sukses makin sukses. orang miskin tetap miskin, atau orang belum sejahtera belum sejahtera. karena pendidikan di rumah atau di sekolah sedkikit menanamkan hal itu.

Sumber poto : Narasumber



Jurus Ketiga

Bahagia atas profesi, pasti sukses menyertai. Saat kita tidak bahagia pada profesi kita maka sampai kapanpun tidak akan sukses. kenapa karena bahagia itu ruh yang keluar dari dama diri, sedangkan sukses itu adalah proses yang dilakukan di luar diri kita. bisa kita pahami saat kita bahagia melakukan sesuatu akan sepenuh hati dilakukan, sepenuh jiwa sampai totalitas. saran saya bila kita masih bekerja tetapi belum bahagia apalgiu sukses lebih baik. lihat dalam diri kita, kenapa dan seterusnya!!

Sumber poto : Narasumber



Jurus Keempat

kita berharap sukses lebih besar, pemasukan lebih tebal, dan berharap yang lebih. sedangkan kapasitas kita segitu-gitunya yang akan tetap segitu-gitu saja. secara sederhana kafasitas kita itu misal secara materi dapat sebulan 5juta katakan, berharap 15juta atau lebih. yang bakalan karena kafasitas kita itu 5juta. kecuali kita tambah kafasitas kita. 

Bagaimana menambah kafasitas ini?

Salah satu cara yang dilakukan bisa seperti sekarang ini, untuk menambah kafasitas wawasan kita. sehingga pikiran lebih terbuka. pandangan lebih luas, pergaulan semakin tak terbtas. 
Istilah saya " TAMBAH KAFASITAS SUPAYA PENUH ISI TAS"

Sumber poto : Narasumber


Jurus Kelima

Sabar dan syukur nomor utama. selenihnya biarkan tuhan yang bekerja. wah kita nyuruh tuhan nih. he....he... bukan begitu maksudanya. artinya apa yang kita lakukan tidak lepas dari sabar dan syukur sehingga tuhan akan menambahnya. Bagi yang agama islam bisa lihat QS. Ibrahim ayat 7.

Sumber poto : Narasumber



Sumber poto : Narasumber






PERTANYAAN :
SESSION I
1.Dasril -  Bukit tinggi
Bagaimana memutuskan bahagia dikala kita ada Masalah dan dililit hutang?
Jawab
Saat kita masalah dan dililit hutang. cara yang utama jangan pikirkan dulu hutang dan masalah. yang dipikirkan itu ketenangan jiwa dan pikiran itu yang akan memberikan solusi dengan baik tanpa emosi. klo masalah ini saya bahas mendalam dalam buku " 7 Jurus Cespleng Sejahtera dan Makmur bagi siapapun" didalamnya ada sub judul Cara Bayar Hutang dengan Ajaib tanpa Pusing. Semoga edisi berikutnya.

2.Muhammad Humaidin – Bima
disaat kita ingin sukses dan bahagia, kita yang memutuskan nya, namun muncul keraguan atau tidak pede lah, bagaimana untuk melawan keraguan yang sering muncul dari pribadi kita sendiri.
Jawab
Solusi mengatasi keraguan itu simpel. lakukan cara ini "Saya akan percaya diri dalam mencapai kesuksesan" silahkan ucapkan 21 kali sehingga hal itu akan tersimpan dalam otak bawah sadar. bila ini sudah dilakukan dan belum berhasil silahkan kontek saya, saya berikan tip selanjutnya.
3.Rolis – Sidoarjo
Mnrt pak Enjang, anak muda di katakan sukses itu sprti apa?
Jawab
Mendefinsikan sukses setiap orang berbeda. Minimalnya targetan setiap nak muda ini apa. Lebihb jelasnya saya bahas dalam buku " JADI REMAJA gak NYENENGIN. PERCUMA!!! didalamnya dikupas hal ini
semoga dengan jawab saya tidak puas dan tidak paham. sehingga anda akan terus belajar dan mencari inspirasi terus.
SESSION II

4.Saya Siti rejeki dari SMA negeri 53 Jakarta
Kesuksesan adalah dambaan setiap orang .dimulai dari mana kita mendapatkan kesuksesan
Jawab
Mulai dalam pikiran dan hati kita yang memutuskan. Putuskan untuk sukses dan bahagia. maka akan sukses dan bahagia. Bila tidak berani maka tidak akan tercapai. maka beranikan diri. Dalam buku terbaru saya " 3Jurus Terbatas, Bila Bisa Bahagia Cara Singkat, Ngapai pakai Cara Lambat?"

5.Uripah SMPN 172 Jaktim
bahagia itu kan benda abstrak dan relatif. Ciri2 kita bahagia bgaimana dan ukuran bahagia itu apa ?
jawab
Bahgia itu dirasakan oleh diri sendiri. dan bisa menular pada orang lain. Ciri Bahagia contoh dalam bekerja kita tidak teras atau lupa waktu misalnya. Caranya untuk setiap orang berbeda. tapi bisa kita lakukan dengan cara simpel, misalnya kita tertawa lepas. Saat tertawa itu akan keluar hormon dopamin yang menjadi rileks dan muncul rasa bahagia. BIla Rasulullah mengatakan "Tersenyumlah pada saudaramu, maka itu termasuk sedekah" Secara ilmiahnya 32 sel saraf muka menjadi rilek.

6.Bagus-Inhil
Bagaimana membangkitkan semangat dan menikmati profesi kita dengan bahagia jika diawal apa yang diputuskan ternyata ini bukan passion kita
Jawab
Banyak dari kita bekerja bukan passion kita. sehingga tidak bahagia. Saat ini terjadi bila itu sudah menjadi pilihan maka lakukan dengan totalitas dan berpikir bahwa pekerjaan itu adalah cara terbaik untuk mencapai passion kita. bila masih tetapi disitu saja dan tidak bahagia, maka sebakaiknya lakukan cara kerja kreatif bukan hanya rutinitas yang membosankan. artinya kita kerja seperti itu saja tanpa ada perubahan, maka bahagiapun tidak akan ada perubahan.
7.            Dasril-Sumbar
Sebagai guru SD apa yang bisa kita lakukan untuk menambah kapasitas agar kaya dan bahagia mati masuk surga?
Jawab
Guru SD sama dengan Istri saya. Menambah kafasitas itu dengan terus meningkatkan belajar terus dengan berbagai hal dan sesuai dengan kondisi di sekitar kita atau saat ini tidak sulit banyak media online yang gratis misalnya disaku kita bisa pasang aplikasi yang berjumlah buku puluhan ribu. Saya sarani boleh ikut seminar saya " 7Jurus Guru Bahagia Nan Sejahtera dan Mati Masuk Surga"
8.            Asieh- Kab. Musirawas
terkadang kita sdhberusaha lebih keras. Tp kok ya msh seperti ini2 aja. Apa ada yg slh ya Kang? Mhn pencerahannya.
Jawab
Kerja keras itu bagus tapi tambah kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja selaras dan keras komunitas. saat kita kerja keras tetapi cara masih seperti itu, hasilnya seperyi itu. cara terbaru, maka hasilnya juga terbaru.
9.            Aas N - tasikmalaya
Bagaimana cara menambah kapasitas supaya penuh isi tas ..bermodalkan bahagia cukup?
Jawab
menbambah kafasitas klo kita melihat buku "7Habbits... karya Stephen R. Copy. "Asahlah gergaji" asahlah terus kemampuan kita. misalnya profesi kita guru, maka asah terus yang menjadi profesi keguruan itu, profesi sebagai pembisnis asah terus dll. Terus tingkat pemikiran dengan cara belajar pada siapapun yang lebih kompeten. Yang saya lakukan saat ingin mencapai sesuai maka BELAJAR, bahkan MENIRU pada orang yang lebih sukses.  bahagia itu awalnya ditambah Mental Kaya. kadang banyak mental miskin, misalnya banyak temen saya minta "GRATISNYA bukunya." PADAHAL NILAI GRATIS yang diperoleh ini tidak akan membuahkan hasil dia tambah KAYA. karena mentalnya. bagaiman membangun mental penuh isi tas? semoga edisi berikutnya bisa saya ulas lagiπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

10.          Baim Arrahman - Sumut
Apa saja tips untuk meningkatkan daya ingat dalam menghapal?
Jawab
               
11.          Asnida, S.Pd.M.Pd -Guru SMP N 7  tj medan Rokan Hilir pak
saat kita ingin fokus ingin menghasilkan sebuah  karya  dan sudah kita rencanakan dgn matang to tiba tiba ada musibah dan masalah yg membuat kita  keluar dr fokus tersebut untuk beberapa waktu ,bagaimana kita bisa kembali fokus lagi dan memunculkan berbagai ide untuk melanjutkan karya kuta yang terhenti pak,
jawab

12.          Junaedi _ Makassar
Bolehlkah narasumber (Mas Enjang) berbagi cerita kali pertama menghasilkan karya. Bagaimana rasanya? 😊 tahun berapa ya?. Terima kasih
Jawab



Komentar