30 HARI BERKARYA DAN GERAKAN MOTIVASI YANG DIBANGUN OLEH KOMUNITAS 30 HABE

Logo 30 Habe 

 Sertifikat Putaran I

 Sertifikat Putaran II

 Sertifikat Putaran III

 Sertifikat Putaran IV

 Sertifikat Putaran V

Sertifikat Sebagai Narasumber dalam Sharing Pengalaman


Gerakan literasi yang dibangun oleh sebuah komunitas ataupun organisasi semakin menggurita tiga tahun belakangan ini. Gerakan ini bukan sekadar hadir begitu saja, tetapi sudah melalui proses panjang dan kedisiplinan waktu yang dilaluinya. Para perintis yang sudah bertumpu rumus uuntuk menghadirkan sebuah komunitas ataupun organsasi yang menginspirasi banyak orang akhirnya pun dilirik oleh guru-guru ataupun masyarakat umum yang haus akan ilmu.

Perjuangan para founder dalam menghadirkan komunitas yang penuh dengan kreatifitas dan inovasi tidaklah datang dengan sendirinya. Tetapi mereka sudah memulai dari awal yaitu dirinya sendiri. Ketika semua sudah dirasa cukup mereka mencoba berbagi dan menghadirkan kebermanfaatan ini melalui jaringan sosial khususnya dunia maya, baik melalui telegram, whatsApp, Facebook, dan lainnya.

Tidak gampang dan mudah bisa menghadirkan dan bertahan dengan waktu yang cukup lama. Semua ini terjadi karena adanya dedikasi yang tinggi dan kepercayaan yang dibangun oleh para founder. Salah satu di antara banyak komunitas yang dirasakan banyak orang adalah tiga puluh hari berkarya (30 habe) yang menghadirkan semangat baru bagi para penulis khususnya penulis pemula. Komunitas yang dibangun oleh wanita-wanita hebat ini sangat perlu diapresiasi yang tinggi oleh banyak penulis. Kehadiran 30 habe sangat memberikan komtribusi yang positif bagi dunia menulis saat ini.
Kehadiran 30 habe memberikan kontribusi yang positif bagi para penulis. Manajemen yang dibangun dengan sistem yang bagus menjadi pilihan para penulis dalam berkarya dan belajar menulis. Ada beberapa kelebihan yang saya lihat dan rasakan dari komunitas yang saya ikuti ini di antaranya adalah :

  • Konsistensi para admin yang sudah dibekali oleh founder dalam memanajemen laporan yang secara teroganisisr dan baik
  • Adanya pengklasifikasian penulis di setiap waktunya baik yang baru maupun lama sesuai saat mereka sudah ikrar dan mendeklarasikan diri secara publish
  • Laporan yang runut yang dibebankan kepada peserta yang mengikuti harus konsisten membuat laporan tertulis yang dikirim via Facebook dan WhatApp
  • Tulisan yang dikirim paling lambat setiap harinya jam 00.00 wib, jika lewat maka penulis harus mengulang dari awal.
  • Tantangan setiap putarannya selama 1 bulan (30 hari) penuh tanpa jeda dimulai dengan deklarasi dan diakhir dengan hari ke 30.
  • Menulis berjenjang sesuai dengan putaran yang diberikan dari putaran I sampai putaran ke VI
  • Putaran I sebagai upaya membangun semangat peserta dengan menulis bebas tanpa tema
  • Putaran ke II mulai meningkat tantangannya diberlakukan ada 1 minggu bertema. Tema yang diangkat boleh dijadikan atau diposisikan untuk minggu I, atau ke II, III, ataupun ke IV. Yang jelas dalam 1 bulan ada 1 minggu bertema. Misal tema pendidikan dijadikan minggu kedua, maka penulis harus menulis pada minggu ke II adalah tulisan bertema pendidikan.
  • Putaran ke III tantangan meningkat lagi diberlakukan ada 2 minggu bertema. Tema yang diangkat boleh dijadikan atau diposisikan untuk minggu I, atau ke II, III, ataupun ke IV. 
  • Putaran ke IV tantangan terus meningkat lagi diberlakukan ada 3 minggu bertema. Tema yang diangkat boleh dijadikan atau diposisikan untuk minggu I, atau ke II, III, ataupun ke IV. 
  • Putaran ke V tantangan meningkat lagi diberlakukan ada 4 minggu atau 1 bulan penuh dengan tema. 
  • Tantangan pada putaran ke VI lebih meningkat lagi dengan waktu 90 hari tanpa jeda menulis. 
  • Setiap akhir putaran jika peserta selesai akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat 30 habe dari komunitas sesuai putaran yang diselesaikan oleh peserta.
  • Setiap sessionnya ada diskusi online via WhatsApp dengan menghadirkan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya. Khususnya dalam dunia tulis menulis.
  • Selalu menggunakan hastag yang bisa dilihat dengan mudah seperti menulis menebarkan kebaikan, semua bisa menulis, putaran ke ... , day ... putaran ... batch ... menjadi salah satu hastag yang membangun semangat bagi penulis.

Melihat dari kelebihan 30 habe, sebenarnya ini menjadi salah satu langkah berkarya dalam menghasilkan karya nantinya bisa berupa buku ataupun tulisan-tulisan inspiratif yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tiga puluh habe mampu menghadirkan itu semua bagi setiap orang yang mau berproses menulis dan berkarya. Proses inilah yang coba dibangun oleh 30 habe melalui komunitasnya yang kini sudah menggurita dan dirasakan manfaatnya bagi banyak orang. 

Komunitas ini pun ternyata banyak menghantarkan para penulis yang akhirnya tulisannya menjadi buku yang bisa dinikmati oLeh para pembaca dan menjadikan perbukuan di Indonesia semakin meningkat. Semua tantangan-tantangan yang ia hadirkan dalam rangka menjembatani proses bagi setiap penulis pemula untuk lebih baik lagi kedepannya.

Sukses selalu tiga puluh habe, di tangan para founder dan admin kalian sudah memberikan nuansa dan spirit yang berbeda dalam membangkitkan semangat para penulis pemula di tanah air. Barakallah.

Komentar