INSPIRATOR MUSLIMAH DARI BUMI MANAKARRA

Gambar mungkin berisi: Mira Pasolong, tersenyum

Menjadi sosok inspiratif dan menggerakkan bukanlah hal yang mudah, tentu semua itu dimulai dari diri sendiri untuk bangkit dan berkarya dengan prestasi yang dihasilkan. Begitulah menjadi sosok menginspirasi penuh duka dan tantangan. Beberapa sosok wanita yang saya tuliskan dalam pandangan saya dan gerakan yang mereka bangun tentulah menjadi prioritas saya dalam menuliskan sosok yang menginspirasi tersebut. Mereka hadir di tengah-tengah kondisi saat kondisi yang dibutuhkan. Sentuhan, pemikiran yang tajam, karakter yang tegas dan lembut dalam setiap sosok yang diangkat tentulah salah satu yang mampu mempengaruhi banyak orang. 

Hari ini saya menuliskan sosok wanita muslimah dari Pulau Sulawesi yang banyak memberikan kontribusi dan semangatnya dalam menggerakkan guru-guru untuk bisa berkarya. Gerakan inilah lahir dari rasa keprihatinan dan kesadaran yang tinggi dari sosok muslimah ini. Berikut ini sosok wanita muslimah yang menginspirasi. 

Wanita muslimah yang dikenal dengan nama pena "Mira Pasolong". Sebenarnya nama lengkapnya adalah "Mirawati". Sosok wanita muslimah produktif dalam berkarya ini sudah tidak asing lagi untuk kalangan para penulis tanah air khususnya di Forum Lingkar Pena (FLP) dan Satu Guru Satu Buku Ikatan Guru Indonesia (SAGUSAKU IGI). Wanita lembut ini diberikan amanah sebagai Ketua FLP Wilayah Sulawesi Barat, PP IGI Wakil Ketua Umum Regional, Coach SAGUSAKU IGI dan Tim Inti SAGUSAKU IGI.

Sosok wanita berjilbab panjang dengan pembawaan tenang ini, lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai seorang penulis. Banyak karya yang dihasilkannya dari sentuhan tangan dan pemikirannya yang tajam. Tidak hanya fiksi berupa novel atau cerpen saja yang dibuatnya tetapi juga buku-buku non fiksi pun pernah ia tuliskan. Berikut beberapa karya yang pernah ia terbitkan. 

1. Singgasana Tak Bertuah, sebuah novel (Penerbit Pustaka Puitika)
2. Love Autumn, Antologi Cerpen
3. Dear, Mama, Antologi surat untuk Ibu
4. Wanita Kedua, Antologi Cerpen
5. Motivasi dan triple- E (antologi kelas inspiratif; guru kreatif)
6. Move on (antologi cerpen 8 penulis perempuan)
7. Istana Pasir (Antologi cerpen Dalam Bayangan Tuhan)
8, Pelangi di Hati Ibu (Antologi Cerpen IBU)
9, Simpul Hati (Novel)
10, Purnama di Langit Bissorang (Novel)
11. Kelas Inspiratif Guru Kreatif (kumpulan artikel Pendidikan, terbit tahun 2013)
12. Dalam Bayangan Tuhan (Antologi Cerpen 2015)
13. Suttia (Kumpulan Cerpen, terbir tahun 2015)
14. Melerai Jarak, Kumpulan Cerpen (2016)
15, Surat Cinta untuk Makassar, Kumpulan Cerpen  (2016)
16. Labirin Hati, Kumpulan Cerpen (2016)
17. Setengah Liter, Kumpulan Cerpen  (2016)
18. Sepasang Kekasih Bisu, Kumpulan Cerpen  (2016)
19. Kau, Aku bukan Kita, Novel (2017)
20. Love will Lead Me Back, Novel (2018)
21. Ayat Terakhir (Novel, 2019)
22. Ceritanya Orang Mandar (Kumpukan Cerita Rakyat, 2019)
23. Saluang Adu dan Legenda lainnya (Kumcer Rakyat, 2019)
24. Pesan Pendek (Kumcer, 2019)
25. Vocabulary for TOEFL Exercises (Non Fiksi, 2019)
26. Vocabulary for TOEIC Exercises ( Non fiksi, 2019)

Mira biasa namanya disapa, menyelesaikan pendidikan S1-nya di IKIP Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Ujung Pandang, Lulus tahun 1998 dan Pascasarjana S2 Pendidikan Bahasa Inggris Univ Negeri Makassar, Lulus tahun 2011. Sosok wanita tinggi ramping ini bertempat tinggal di Mamuju Prov. Sulawesi Barat. Aktivitas hari-hari biasanya sebagai Pengawas Guru Bahasa Inggris SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulawesi Barat dan sebagai Mentor Pelatihan Menulis untuk Guru dan Umum.

Semangatnya dalam menggerakkan literasi dan produktif usianya dalam berkarya bukan isapan jempol saja, tetapi ini Ia buktikan juga saat terjadinya bencana di Palu dan Mamuju Sulawesi Barat. Dari tangannya tercipta sebuah tulisan indah yang sarat dengan pesan cinta Sang Pemilik Alam dalam buku "Ayat-Ayat Terakhir" yang berisikan tentang kisah pilu dan perjuangan para korban bencana alam. Kondisi berduka membuat ia berjuang keras menghadirkan buku yang sarat dengan pesan cinta dari Tuhan.

Membahas tentang pengalaman dan prestasinya, wanita yang rendah hati dan tidak banyak bicara ini banyak menorehkan prestasi yang membanggakan. Prestasi wanita penyuka warna lembut ini banyak diisi sebagai narasumber maupun penulis di berbagai tingkatan baik lokal maupun nasional seperti ; Pemateri pada Seminar Pendidikan yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sulawesi Barat, tahun 2014, Instruktur Nasional K 13 antara 2014-2015 dna melatih guru-guru bahasa Inggris SMK se Sulawesi Barat, Coach Satu Guru Satu Buku IGI dan sudah melatih di beberapa daerah di Indonesia. (2017-sekarang)Pemateri pada workshop Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru SMP Kab. Mamuju yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Mamuju, tahun 2018, Coach Sagusaku IGI, 2017- sekarang, Penulis Buku Seri Budaya dan Adat Istiadat Direktorat Jenderal Kepercayaan Terhadao TYE, Kemdikbud, 2019, Instruktur Nasional Literasi Baca Tulis, Badan Bahasa, 2019, dan Juara 3 Sayembara Penulisan Buku Pengayaan Puskurbuk kategori Novel SMA, 2010.

Semoga dengan gerakan literasi dan semangat yang beliau bangun akan menyebarkan dan menumbuhkan tunas-tunas yang akan bergerak menginspirasi banyak orang ke depannya.







Komentar

  1. Memang wanita andalannya Sulawesi Barat ini.
    Insyaa Allah beliau org hebat.
    Semoga Allah berikan selalu kesehatan lahir dan batin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah semangat yg menginspirasi pak

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ia kk.. sosok yg ramah dan penuh prestasi

      Hapus

Posting Komentar