SOSOK ADVOKAT YANG TERUS BERGERAK


Tidak banyak memang sosok wanita yang menerjunkan dirinya di lapangan untuk menggerakkan literasi dan memberikan pencerahan kepada generasi muda ataupun milineal terkait dengan masalah hukum seperti tindakan kriminal, kekerasan, pelecehan, dan sebagainya. Tetapi dari sekian banyak sosok wanita inspiratif dan peduli dengan kondisi perkembangan generasi beliau adalah salah satu dari sekian sosok wanita yang terjun langsung ke lapangan melihat kondisi tersebut dan turun tangan.

Wanita kelahiran Pontianak Kalimantan Barat tahun 1976 ini, menyelesaikan jenjang pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Tanjung Pura Kalbar, kemudian melanjutkan jenjang Pascasarjana Universitas Islam Riau di jurusan yang sama. Karakter tegas dan semangatnya dalam menyampaikan pengetahuan dan keilmuannya patut diacungi jempol. Selain dengan keilmuan hukumnya yang bagus, ditunjang lagi dengan Publik Speakingnya yang baik sehingga dalam dirinya menyatu kesempurnaan dalam menyampaikan setiap ide dan gagasan saat menjadi pembicara. Sosok wanita yang sering menggunakan sepatu boots dan penyuka warna merah ini selalu menyempatkan dirinya untuk mendampingi anak-anak yang bermasalah khususnya yang terkait dengan masalah hukum baik kenakalan remaja, asusila, kriminalitas, pelecehan seksual, dll.

Selain sebagai seorang Advokat, sosok wanita berkacamata ini juga seorang dosen dan penulis dengan banyak karya yang sudah dihasilkan. Ada 17 karya yang sudah diterbitkan yaitu : Buku LKS Sejarah Kelas X, XI & XII, Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Perusahaan Radio Swasta, Pelaksanaan Pemberian Dispensasi Perkawinan dibawah Umur, Perempuan Riau Bicara, Perempuan Penyemai Kasih, Teacherku dan Lawyerku, Selamat Tinggal Sertifikasiku, Ada Apa dengan Kids Zaman Now, Perjalanan Duta Remaja Riau di Bumi Sri Gemilang, Tahun Bersamamu, Akhirnya Aku Jatuh Cinta Padamu, Malam Nisfu Sya’ban, Perjalanan Duta Remaja Riau di Bumi Sri Gemilang Jilid 2, Perjalanan Duta Rabbani 2019, Lawyer Masuk Sekolah 2019, Semangat Meraih Prestasi, dan Kesetaraan Gender dalam Kepemimpinan. 

Sosok wanita yang berpendirian kuat ini memiliki motto "Berbuat Untuk Sesama". Sehingga aktivitasnya selalu berhubungan dengan banyak orang khususnya sosial. Salah satu kegiatan yang akhirnya beliau rintis sendiri adalah "Lawyer Masuk Kelas" sebuah kegiatan amal yang beliau dedikasikan buat generasi hebat yang paham dengan masalah hukum. Tidak hanya itu saja wanita yang berperawakan tinggi besar ini juga sebagai Pengurus Ikatan Guru Indonesia Kab. Indragiri Hilir sebagai Ketua Divisi Advokasi Guru. Keaktifannya di dunia organisasi patut diapresiasi karena begitu banyak organisasi yang ditempatkan beliau pada bagian hukum (advokasi) dari beberapa organsiasi yang beliau ikuti. Selain dibidang hukum beliau juga menjadi beberapa organisasi sebagai pembina baik terkait dengan pengembangan karakter anak muda seperti Duta Remaja Riau, Duta Rabbani, dll.

     Wanita yang memiliki anak tiga  Putri Mycelia Adani, Muhammad Adrian Al-Ghifari, dan Muhammad Fachri Al-Buchory ini seperti tidak ada habis semangat energinya untuk bergerak. Di usianya yang tidak muda lagi dan akan memasuki setengah abad, tidak membuatnya diam dari aktivitas. Justru produktifitasnya semakin bersinar.  Tetapi waktunya bersantai dengan keluarga saat weekend tetap menjadi prioritasnya

Saat saya menemuinya di tempat kediamannya di Jl. Kembang, terpampang plang putih bertuliskan "Titin Triana, S.H., M.H" sebagai advokat Kab. Indragiri Hilir. Rumah bertingkat dua dengan pernak-pernik prestasi yang terpajang di dinding dekat dengan ruang tamu. Semua prestasinya dapat dilihat dengan piagam-piagam yang terpajang tersebut. Wanita yang ramah dengan motor Nmax putihnya ini senantiasa membantu jika ada yang meminta bantuannya.

Selain sebagai pengacara beliau juga sebagai kontributor di beberapa media yang diikutinya atau yang dituliskan hasil karyanya seperti Jurnal Puanri Pusdatin Riau, Jurnal IPTEKS Terapan Kopertis Wil. X, Jurnal Mahkamah Fak. Hukum Universitas Islam Riau, Jurnal Legitasi Fak. Hukum Universitas Islam Indragiri, Jurnal Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indragiri, Jurnal Pendidikan Edukasi FKIP Universitas Islam Indragiri, International Conference Proceedings Universitas Islam Indragiri, Buletin Lentera Fak. Hukum Universitas Islam Indragiri, Buletin Kiambang Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir, Buletin Muqtadir, Buletin Mumtaz, Buletin An-Nal, Menulis pada Harian Loka Posmetro Indragiri, Riau Pos, Koran Riau, Radar Riau, Bono Riau serta beberapa Media Online lainnya.

Sosok bunda Titin biasa sapaan akrabnya ini tidak lepas dari berbagai prestasi yang beliau capai di antaranya ;  Juara Harapan II Presenter TV Gemilang di Tembilahan Tahun 2007, Juara I Lomba Baca Puisi Tingkat Guru & Dosen 2009, Anugerah Tenaga Pendidik Berprestasi dari Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal Tahun 2008, Anugerah Penulis Essai Terbaik Se-Riau diundang Bertemu Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta Tahun 2009, Penghargaan Sebagai Penulis dari Yayasan Mumtaz 2009, Penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan Tahun 2015, Penghargaan Penulis Aktif dari Posmetro Indragiri 2017, Penghargaan Pegiat Literasi dari Plt. Gubernur Riau 2018, Penghargaan Perempuan Berprestasi dibidang Profesi dari Perempuan Riau Bangkit Foundation Tahun 2018, dan Penghargaan Perempuan Berprestasi dari Dinas Pember-Dayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Indragiri Hilir 2018.

     Segudang prestasi yang ia hadirkan tidak membuat ia tinggi hati dengan karya yang sudah ditorehkan. Semangatnya semakin menyala dan bergelora untuk bisa bergerak dan menginspirasi bagi setiap orang. Dengan gerakan yang dibangunnya, ia berharap akan lahir generasi-generasi yang hebat dengan karakter yang kuat dan mampu menggerakkan kebaikan untuk ke depannya. 

Komentar