SEMANGAT DAN KREATIVITAS MENULIS

Hasil gambar untuk semangat




خير الناس أنفعهم للناس

“Khairunnas anfa’uhum linnas”

Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya…


“Satu PELURU mampu menembus satu KEPALA, satu KATA mampu menembus jutaan KEPALA”

-Sayyid Quthub-


Kalimat di atas yang dikemukakan baik oleh hadist maupun oleh seorang tokoh besar yang mati di tiang gantungan bisa menjadi refleksi diri terhadap manfaat hidupnya seseorang. Apapun profesi yang hari ini dipegang tentu seharusnya memberi manfaat bagi diri sendiri, oranglain dan sekitarnya.  

Sebagai seorang penulis tentu kontribusi yang lebih harus kita berikan terhadap hasil karya yang dihasikan. Tidak hanya sebagai bahan bacaan saja akan tetapi tulisan yang dihasilkan bisa menginspirasi banyak orang. Untuk itu tulisan yang berkualitas dan menginspirasi tidak hadir begitu saja tetapi semua dilalui dengan proses. Proses inilah lahir dari semangat dan kreativitas yang tinggi untuk bisa berkontribusi bagi bahan bacaan yang nantinya akan beredar.

Semangat menjadi amunisi yang harus dimiliki setiap orang lebih-lebih sebagai penulis tentu menjadi wajib. Tidak hanya semangat tetapi tuntutan untuk menumbuhkan kreativitas adalah sebuah keharusan yang harus dipenuhi.  

Terus bagaimana kita menumbuhkan semangat dan kreativitas dalam menulis yang harus dimiliki oleh setiap penulis. Berikut adalah beberapa cara untuk menumbuhkan kretivitas dalam menulis. 
 

1.      MEMAHAMI DIRI SENDIRI


Memahami diri akan mudah mengetahui apa yang disukai dan apa yang tidak disukai. Begitu juga menulis, haruslah memahami terhadap sesuatu yang disukai dari jenis bacaan yang akan dibaca. Begitu juga jenis tulisan apa yang disukai. Dengan apa yang disukai akan mudah menuangkan ide-ide ke dalam sebuah tulisan sehingga akan melahirkan kreativitas dalam setiap tulisan.


2.      AMATI LINGKUNGAN YANGA ADA DI SEKITAR


Lingkungan sekitar adalah salah satu faktor yang penting dalam mendapatkan ide yang berharga, luangkan waktu sesibuk apapun untuk melihat yang ada di sekitar. Bisa jadi saat melihat ada yang bertengkar, menangis, atau lainnya akan menjadi sebuah ide dalam tulisan.


3.       TERIMA TANTANGAN


Menerima tantangan menjadi salah satu cara membangkitkan semangat dan ide untuk menulis. Tantangan akan memaksakan setiap diri menerima dan menjalankannya. Bermula dari keterpaksaan kemudian akan melahirkan mental yang siap menerima berbagai tantangan berikutnya. Tantang akan menuntut lahirnya ide-ide dan kreativitas.


4.      MENULISLAH YANG ADA DALAM PIKIRAN KITA


Setiap orang pasti memiliki ide terhadap sesutau yang ia pikirkan. Tetapi sayangnya ide itu muncul tidak setiap saat dan waktu sesuai yang diinginkan. Ide akan muncul kapan dan di mana saja, tidak terikat waktu dan suasana. Baik suasana lingkungan maupun suasana hati. Bisa saja ide itu muncul saat mendengar, melihat, atau saat lagi bekerja dan lainnya dalam melakukan sesuatu. Misalkan saat dalam perjalanan di atas kendaraan, saat mandi, saat buang air, saat shalat, dan lain ssebagainya. Tetapi ide akan cepat hilang jika tidak dituliskan dan diikat. Di zaman yang serba teknologi ide dengan mudah bisa disimpan dengan menggunakan aplikasi dari gadget.


5.       PERBANYAK MEMBACA


Membaca salah satu sumbangsih terbesar dalam menuangkan ide-ide untuk menulis. Sebagai seorang penulis membaca adalah hal yang wajib harus dilakukan oleh setiap penulis. Perbanyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan akan apa yang dituliskan. Baik novel, biografi, motivasi, dan lain-lain.

“Penulis yang baik adalah pembaca yang baik”


6.      BERGABUNGLAH DENGAN BERBAGAI KOMUNITAS MENULIS


Menumbuhkan jiwa kreativitas berawal dari menulis. Menulis akan semakin baik jika terus diasah dan digali. Salah satu membangkitkan kreativitas tersebut adalah dengan cara bergabung dengan berbagai komunitas baik komunitas menulis maupun komunitas lainnya. Dengan bergabungnya ke dalam komunitas akan membangun kondisi lingkungan dan semangat yang sama.


7.      MEMBANGUN PEMIKIRAN YANG POSITIF


Pemikiran positif akan menumbuhkan kreativitas diri seseorang dalam hidupnya. Menyikapi segala yang terjadi dalam hidup dengan baik dan bijak dengan cara positif akan mampu mengembangkan jiwa kreativitas sehingga kemampuan dalam menuliskan ide pun akan baik.



8.      BERLATIH, BERLATIH, DAN BERLATIH


Kreativitas akan tumbuh jika sering diasah dan dibiasakan untuk menulis dan berlatih. Tidak ada sesuatu keberhasilan dan kesuksesan tanpa kerja keras. Sehingga berlatih adalah sebuah keharusan yang terus dilakukan.



9.      MELIHAT DARI SUDUT PANDANG ORANG LAIN


Melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda atau sudut padang oranglain akan memberikan khazanah dalam pemikiran seseorang. Ide dan kreativitas akan lahir dengan sendirinya ketika sesuatu persepsi yang dibangun tidak hanya diri sendiri. Tetapi ketika melihat dari sudut pandang oranglain justru akan melahirkan sesuatu hal yang berbeda.



10.   JANGAN TUNDA PEKERJAAN


“Waktu Ibarat Pedang”

-Imam Syafi'i Rahimullah-


Jika seorang tidak mampu menggunakan pedangnya maka pedangnya yang akan menebasnya.  Memanfaatkan waktu, mengatakan mudah melaksanakannya tidak mudah. Pekerjaan yang terbiasa ditunda akan mendatangkan pekerjaan yang lebih besar lagi sehingga sesuatu yang ditunda hasilnya juga tidak akan maksimal. Justru Melakukannya lebih awal akan memberikan kontribusi yang baik dalam mengasah pemikiran agar lebih kreatif.


11.   LAKUKAN YANG ANDA SUKAI


Kebahagiaan adalah sumber kreativitas dalam memunculkan berbagai ide-ide yang dibutuhkan. Untuk menumbuhkan jiwa kreatif lakukan sesuatu yang anda sukai. Sesuatu hasil yang baik diawali dengan hal-hal yang disukai. Maka lakukan sesuatu sesuai dengan yang disukai agar ide-ide kreatif bisa tumbuh dan berkembang.


12.  KELUAR DARI ZONA NYAMAN


Keluar dari zona nyaman merupakan sebuah tantangan bagi setiap orang yang ingin menumbuhkan potensi dan kemampuannya dalam hal apapun. Tantangan akan membuat seseorang lebih kreatif dan inovatif dalam melahirkan hal-hal yang baru. Ia akan dipaksa dan berusaha dengan apa yang akan ia rencanakan. Tuntutan tersebutlah yang akan membuat kreativitasnya tumbuh dan berkembang. Zona nyaman biasanya akan membuat orang terlena, bermalas-malasan dan mengabaikan potensi yang ada dalam dirinya. Biasanya ia akan menerima apa adanya tanpa mau bersusah-susah.


13.  LUANGKAN SEDIKIT WAKTU


Waktu luang salah satu cara merehatkan beban pikiran dan tubuh agar rehat sejenak dari rutinitas yang selama ini dijalani, energi yang terporsir justru akan menghambat pemikiran dan ide yang akan dikeluarkan. Dengan meluangkan waktu akan mudah hal-hal yang baru dan semangat akan bisa tumbuh kembali.


14.  BERSYUKUR


Bersyukur adalah salah satu cara sebagai hamba Allah atas apa yang telah diraih. Dengan bersyukur akan meneriima segala sesuatu yang ada dalam setiap diri. Sehingga sesuatu yang dianggap beban akan mudah dilepaskan, ide-ide pun akan tumbuh karena pikiran lebih baik.





Komentar

Nuraeni pasti bisa mengatakan…

Terima kasih ilmu nya Mas Bagus, sangat informatif dan bermanfaat.
Sehat terus dan sukses Anak Hebatku!
Husnul Annaswati mengatakan…
Keren, Pak. Sangat menginspirasi dan memotivasi.
Unknown mengatakan…
Luar biasa inspirasi Menulis nya, membuat kita menjadi termotivasi 👍👍👍
bhp riau mengatakan…
Terima kasih bunda yg selalu support luar biasa bagi setiap guru2 untuk berkarya barakallah
bhp riau mengatakan…
Terima kasih bu.. semoga menjadi langkah awal untuk kita berkarya dan semangat
bhp riau mengatakan…
Alhamdullillah... semoga akan semakin memginspirasi banyak orang aamiin ya Allah