MANUSIA PILIHAN


Hasil gambar untuk manusia pilihan
Judul di atas mungkin terkesan berlebihan untuk diangkat atau disampaikan kepada khalayak ramai. Terkesan sangat mendramatisir untuk sebuah tulisan yang akan diperbincangkan dalam membangun persepsi di tengah-tengah masyarakat. "Manusia Pilihan" tentulah judul ini sangat arogan jika ditinjau dari perpektif yang berbeda khususnya aspek agama. Jika dikaitkan, tentunya yang ada dalam pikiran adalah orang-orang hebat, luar biasa, memiliki kharomah, dan mereka adalah orang-orang yang menjadi perpanjangan tangan Tuhan.

Nabiyullah Isa, Musa, Daud, Ayub, baginda Rasullullah adalah manusia pilihan Allah yang sampai saat ini sangat melekat dalam kehidupan kita sebagai manusia khususnya umat islam. Namun jika dalam aspek sosial manusia pilihan juga menjadi manusia-manusia hebat yang mereka bergerak tanpa dibayar atau dihargai dengan materi. Mereka bergerak dengan secara sadar untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang, bagi perubahan dan bagi kebaikan.

Mereka manusia pilihan yang saya bangun dalam perfektif yang berbeda karena hati-hatinya juga digerakkan oleh-Nya, bergerak tanpa diminta dan tanpa dibayar. Sangat sedikit orang mau bergerak untuk oranglain. Wajar saja mereka adalah manusia pilihan yang hadir buat perubahan.

"Berbuatlah walau hanya sekecil apapun yang kamu mampu, bisa jadi itu lebih besar di sisinya dibandingkan materi yang diharapkan"

Wajah-wajah mereka mengekpresikan itu, bagaimana mereka hadir dan tergerak untuk bergabung menjadi relawan perubahan dalam satu gerakan literasi yang dimotori oleh TBM Inhil bersinergis dengan beberapa komunitas seperti KPLS Inhil, IGI Inhil, Rumah Seni Inhil, FLP Inhil, dll.

Kesadaran itu hadir bak cendawan di musim dingin, meski masih sedikit secara kuantitas namun tidak secara kualitas insya Allah mereka adalah orang-orang luar biasa yang Allah pilih untuk bergerak. Orang hebat itu sangat banyak, tetapi orang hebat untuk bergerak itu sangat minim. Merekalah orang-orang hebat yang sesungguhnya, bergerak karena kesadaran yang tinggi dan tanggungjawab terhadap perubahan.

Perubahan itu akan dicapai dan hadir ditengah-tengah negeri ini ketika anak-anak muda mengabdikan dan menjadikan dirinya bagian dari agent of change.




Komentar