KIAT - KIAT MENGATASI KEBUNTUAN SAAT MENULIS


Hasil gambar untuk menulis

Menulis menjadi salah satu cara dalam mengaktualisasikan diri dengan ide - ide yang bermain di dalam pikiran. Namun tidak semua orang sebagai penulis bisa langsung berhasil dalam menuangkan ide - ide tersebut apalagi sebagai penulis pemula sering mengalami kebuntuan ketika menuangkan apa yang ia pikirkan dalam sebuah tulisan.

Hal inilah yang sering dialami oleh setiap penulis pemula sehingga menghambat langkah kakinya untuk maju dalam menghasilkan sebuah karya. Hambatan ini yang sering menjadi senjata dan alasan untuk tidak mau menulis lagi. Jika penulis mengalami kebuntuan dalam menuangkan ide dan pengembangan tulisannya. Ada beberapa trik unik yang bisa diterapkan sebagai penulis agar ide bisa berjalan dengan baik.

Pertama, tulislah sesuatu itu berasal dari yang terjadi di sekitar kita (pengalaman). Baik yang dialami, dirasakan, maupun yang dilihat. Cara ini akan memberikan kemudahan bagi penulis untuk menuangkan tulisannya. Karena ia mengetahui secara jelas kronologis yang dialami.

Kedua, perbanyak referensi sebagai bahan bacaan dalam kepenulisan agar banyak ide dan ragam dalam menulis, baik itu bacaan dari buku-buku yang tersedia misalnya novel, cerpen, puisi, biografi, dan lain - lain maupun bahan bacaan online yang bisa diakses dengan mudah.

Ketiga, lakukan perjalanan ke mana saja yang menjadi hobi kamu untuk menikmati keindahan. Baik itu alam, kota tua, pagelaran seni dan budaya, melihat permainan tradisional, perlombaan, dll. Cara ini bisa menjadi sumber inspirasi dalam menulis.

Keempat, Menulislah sesuai hobi ataupun passion kamu. Jika sukanya fiksi seperti novel , cerpen, ataupun puisi maka tulislah. Begitu juga sebaliknya. Namun bukan berarti tidak boleh di luar passion kamu, bisa jadi ini salah satu tantangan yang akan menguji kualitas dan peningkatan tulisan.

Kelima, Berhentilah sejenak ketika kebuntuan itu datang. Nikmati secangkir kopi yang disajikan dengan gorengan dan sambil nongkrong di depan televisi. Putarlah film atau tontonan yang menjsdi kesukaanmu.

Keenam, perbanyak membaca agar semakin banyak ide yang bisa diserap dari berbagai tulisan yang dibaca.

Ketujuh, pahami gaya menulis diri sendiri. Apakah suka menulis disaat sendiri, ramai, atau saat menulis harus ditemani musik. Ini juga sangat penting dipahami karena bagian dari memancing ide untuk muncul.

Kedelapan, telusuri kapan ide-ide itu muncul. Apakah ide muncul saat sendiri di kamar, saat buang air besar atau kecil, mandi, saat masak, mencuci, dalam perjalanan atau lainnya. Hal ini harus segera ditangkap dan dicatat apa saja yang muncul dari hal tersebut.

Kesembilan, latih terus jiwa menulisnya. Jangan biarkan stagnan hanya karena ide mati atau komentar negatif dari oranglain.

Inilah trik yang dapat diterapkan oleh seorang penulis. Mungkin masih banyak lagi cara yang bisa diterapkan selain yang ada di atas. Namun yang paling pentinh adalah kemauan yang kuat untuk selalu belajar dan tidak berpuas diri terhadap apa yang dihasilkan.


Komentar


  1. Terima kasih Mas Bagus, tulisannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bunda hebatku.. selalu sehat bunda barakallah

      Hapus

Posting Komentar