GURU HEBAT YANG MENGHEBATKAN








خير الناس أنفعهم للناس 
Khairunnas anfa'uhum linnas” 

"Sebaik baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.. .."


Kalimat di atas menjadi motto dan semangat untuk bergerak, sekecil apapun peran yang dapat dilakukan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah berbagi keilmuan atas prestasi yang ditorehkan oleh guru-guru hebat dengan memfasilitasi sahabat guru untuk bisa berbagi melalui media apapun termasuk group-group yang terbentuk di WA. Luar biasa hebatnya mereka mau berbagi meluangkan waktu tanpa dibayar.

Gerakan inilah akhirnya tercetus di group "Workshop Perlindungan Guru Tahap III Dikdas 2019" yang diinisiator oleh Bunda Nuraeni salah satu pemateri dalam acara Workshop Perlindungan Guru. Ketika pemikiran ini lahir saya pun tidak membiarkan terbenam dan terbuang sia-sia ide brilian yang ada dan langsung mengeksekusi dengan menggerakkan kegiatan tersebut.

Tepatnya 29 Februari 2020, Alhamdulillah diskusi perdana menghadirkan salah satu guru hebat dari desa terpencil yang prestasinya sudah menorehkan tinta emas tidak hanya skala nasional saja tetapi juga skala internasional. Diskusi online perdana via WA menghadirkan Bapak Edi Arham, S.Pd.I, M.Pd.I yang merupakan guru PNS yang bertugas di SD Lawolata Desa Lawolata Prov. Sulawesi Tenggara dan didampingi oleh moderator Guslaini

Tema yang diangkat saat itu adalah “GURU HEBAT YANG MENGHEBATKAN”. Tema ini diangkat tidak serta merta muncul dengan sendirinya, tetapi mengingat di dalam group yang terbentuk adalah guru-guru yang penuh prestasi, mereka adalah guru-guru hebat. Langkah ini untuk membangun dan membangkitkan semangat para guru hebat yang mau berbagi informasi dan keilmuannya agar spirit  itu juga hadir di tengah-tengah guru-guru yang lainnya. 

Dari diskusi perdana bersama narasumber ternyata banyak pertanyaan dan informasi yang tergali serta strategi apa saja yang dilakukan untuk mempersiapkan berbagai ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh pihak kementerian dan lainnya. 

Berikut ini hasil kesimpulan bersama narasumber :
  • Persiapkan diri dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya 
  • Jangan malu bertanya untuk melakukan sesuatu kepada orang yang lebih memiliki keilmuan.
  • Hasilkan produk untuk mengikuti ajang-ajang kompetisi kemudian kembangkan agar bisa lebih Inovatif dari yang lainnya
  • Jadikan teman sejawat untuk bisa koreksi produk yang kita hasilkan
  • Carilah inspirasi yang ada di sekitar kita baik itu terkait media ataupun yang lainnnya.
  • Jika ada ide yang muncul ikat terlebih dahulu kemudian simpan dan terus dikembangkan.
  • Jangan pernah puas akan ide yang didapatkan tetapi terus dikembangkan lagi
  • Gunakan bahasa sendiri saat penyusunan naskah dan jika harus mengutip sertakan informasi yang dikutip tersebut.
  • Jangan pernah merasa puas dengan apa yang dihasilkan tetapi teruslah gali dan kembangkan terus. 

Komentar