DI BALIK LAYAR



Hasil gambar untuk tokoh pemeran utama

Suksesnya sebuah karya luar biasa tidak akan pernah terlepas dari kerjasama semua pihak. Apapun karya yang dihasilkan selalu ada campur tangan dan sentuhan dari orang-orang tertentu. Jika sebuah film mampu menembus jutaan penonton dengan penjualan tiket terbesar tentu ini menjadi sebuah karya yang luar biasa. Dari banyak film, genre superhero selalu menjadi film yang banyak ditonton oleh jutaan konsumen. Sebut saja tahun 2018 ada beberapa film yang tembus angka di pasaran seperti Avenger : Infinity War, Black Panther, Jurassic World : Fallen Kingdom, Venom, dll.

Film dengan genre superhero selalu ditunggu oleh para penonton, bahkan ada yang berkali-kali nonton dengan film yang sama. Dari sekian film yang disajikan kita pun sangat hafal siapa saja pemain-pemainnya. Banyak aktor/aktris terkenal seperti Chris Evans (Captain America), Scarlett Johansson (Black Widow), Robert downey Jr (Iron Man), dll. Chadwick Boseman (Black Panther), Chriss Pratt (Owen Grady), dll. Begitu juga Film Indonesia yang laris di pasaran sebut saja Dilan yang tembus 6,3 juta penonton, Suzanna bernafas dalam kubur 3,3 juta penonton, Si Dpel the Movie 1,75jt, dll. Kita sangat kenal siapa saja aktor/aktris yang berperan dalam film tersebut. 

Kalau kita berbicara tentang karya sebuah buku kita juga sangat yakin dan faham siapa penulis-penulis tanah air. Andrea Hirata dengan karyanya Laskar Pelangi, Helvi Tiana Rosa dengan karya ketika mas gagah pergi, Habiburrahman Elsirazy dengan karya Ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih, dll.

Jika di dalam kegiatan komunitas atau organisasi pun kita kenal nama orang yang tampil di depan panggung yang terlibat aktif saat acara sebut saja ketua panitia, juri perlombaan, MC, Pejabat daerah, dll. 

Sekian banyak film yang ditonton, terjual laris di pasaran kita hanya mengenal dengan baik pemain dalam cerita tersebut. kita terlupakan siapa orang-orang yang berada di balik layar yang bertumpu rumus dan memikirkan agar sukses karya yang dibuat. Mereka seperti sutradara/director, produser, produser eksekutif, manager produksi, desainer, ilustrator, dll.

Jika suksesnya suatu buku menjadi best seller juga tidak terlepas dari sentuhan tangan orang-orang dibalik layat seperti Editor, Layout, Ilustrator/desainer, marketting, dll.

Jika suksesnya acara dalam pertunjukan atau event-event tertuntu juga tidak terlepas dari tokoh-tokoh hebat yang bermain di balik layar diantaranya yang mempersiapkan bagian kesekretariatan (administrasi), humas, dokumentasi, desainer/ilustrator, dll.

Mereka selalu bermain di balik layar dengan semangat dan sabar dalam.menuntaskan setiap tanggung jawab yang diberikan. Mereka bekerja dalam diam tanpa diperhatikan, tanpa mengeluh menerima semua perintah yang sudah diamanahkan. Mereka menjalani dengan semangat penuh keikhlasan hingga acara bisa terlaksana. Mereka sangat jarang mau disorot bahkan untuk tampilpun terkadang mereka menolak mempublikasikan diri.

Bekerja dalam sepi, diam tetapi tangan dan seluruh anggota tubuh dengan gesit bekerja menuntaskan semua tanggungjawab. Hasil kerjanya terkadang terabaikan, terlupakan, terkucilkan. Setiap penghargaan dan apresiasi yang datang pun mereka tetap berada dalam kesunyian. Mereka sangat minim dalam pujian tetapi ketulusannya melebihi dari yang mendapatkan penghargaan.

Setiap hasil karya yang terkenal, sentuhan tangan dan jiwa seni mereka selalu mewarnai produk yang dihasilkan. Mereka tidak pernah peduli dengan segala pujian yang datang, tetapi mereka hanya tahu bagaimana menuntaskan karya ini menjadi baik dan bernilai.

"Kesuksesan setiap orang dalam sebuah karya yang dihasilkan tidak akan  pernah terlepas dari sentuhan setiap tangan yang tulus dan ikhlas yang bekerja untuk hasil yang terbaik"

___

Saya jadi teringat dengan beberapa sahabat yang tergabung dalam tim sagusaku IGI nasional. Ada orang-orang hebat yang sellau bekerja dalam diam dan sepinya waktu. Ia selalu bekerja tanpa pernah mengeluh dan terus bekerja sampai banyak event-event besar selesai diadakan. Ia sangat jarang mau tampil di depan publik meskipun terkadang diminta sebentar.

Merekalah bagiku orang-orang yang luar biasa dan hebat mampu mengontrol semua dengan baik. Tidak haus dengan pujian. Tidak surut dengan cacian. Ia terus bekerja sampai semua selesai.

Semoga setiap tetes keringat dan energi yang terkuras dalam setiap kebaikan yang dilakukan Allah jadikan itu sebagai amal ibadah yang terbaik untukmu dan keluargamu sahabatku. Barakallah


Komentar