DEDIKASI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Antologi Artikel Ilmiah Peserta Workshop Perlindungan Guru Dikdas Tahap III Tahun 2019)







 Dokumen : Pribadi
 Dokumen : Pribadi
Dokumen : Pribadi

JUDUL : DEDIKASI GURU DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Antologi Artikel Ilmiah Peserta Workshop Perlindungan Guru Dikdas Tahap III Tahun 2019)
PENULIS : Peserta Worksop Perlindungan Guru Dikdas Tahap III
Desain Cover : BHP Riau

SINOPSIS :

Pendididikan merupakan syarat utama bagi kemajuan suatu bangsa. Namun kemajuan pendidikan tidak bisa dipisahkan dari tenaga pendidik  atau guru. Untuk itu profesi guru tidak bisa dipandang rendah dan remeh dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Sentuhan tangan guru menjadi dasar dalam membangun pengetahuan, moral, karakter, dan kemampuan lainnya.

Namun sayangnya profesi guru masih dianggap rendah dan kurang bermartabat. Padahal guru sebagai sebuah profesi yang sangat mulia, profesi yang menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk kemajuan sebuah Negara. Tetapi dalam menjalankan tugasnya sering kali profesi seorang guru harus berhadapan dengan berbagai permasalahan. Baik permasalahan dalam masalah profesi itu sendiri, kriminalitas, kekerasan, penyalahgunaan kekayaan intelektualitas, keselamatan dan kesehatan kerja.

Guru sering kali menjadi korban pada tindakan yang dirugikan tersebut, baik yang terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Tindakan yang demikian membuat guru akhirnya ragu untuk bertindak dan mengambil sikap tegas karena tidak jarang guru harus berhadapan dengan kasus hukum dan berada di posisi yang tidak menguntungkan.  

Pengetahuan dan pemahaman guru terhadap hukum lemah akhirnya yang terjadi guru hanya memberikan pelajarana saja tanpa mau mendidik. Efek dari hal tersebut akan terbangun di kalangan guru “masa bodoh” tidak peduli dengan kenakalan siswa karena adanya kekhawatiran yang tinggi terhadap tindakan yang akan dilakukan. Hal inilah perlu adanya penanganan serius dalam menyikapi setiap kasus yang terjadi dan perlu adanya perlindungan guru.

Berikut ini berbagai masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan dan penanganan yang pernah dilakukan oleh guru.  Buku Antologi Artikel Ilmiah “Dedikasi Guru Dalam Dunia Pendidikan” merupakan artikel yang ditulis oleh guru-guru dikdas SMP tanah air yang lolos dalam seleksi Bimbingan Teknis Workshop Perlindungan Guru Tahap III yang dilaksanakan di Bogor pada tanggal 22 - 25 Oktober 2019.

 Dokumen : Pribadi
 Dokumen : Pribadi
Dokumen : Pribadi 
 Dokumen : Pribadi
 Dokumen : Pribadi
 Dokumen : Pribadi
Dokumen : Pribadi

Komentar