APA ITU RESENSI DAN UNSUR APA SAJA YANG HARUS ADA

Sumber Gambar : Google

Kamu suka membaca? 
Pernahkah membuat resensi buku yang pernah dibaca?
Pernahkah menceritakan ulang terhadap bahan bacaan tersebut?
Apa manfaat resensi buku dari buku yang sudah dibaca?

Pertanyaan - pertanyaan di atas terkadang tiba-tiba saja menarik untuk disimak dengan baik. Para pembaca yang biasanya berkutat dengan bahan bacaan tentu sudah terbiasa bercerita atau menceritakan sesuatu yang terkait apa yang sudah ia baca.
Bahkan seorang pembaca sangat memahami buku yang menjadi bahan bacaannya. Ia dengan senang hati menceritakan secara detail isi buku yang dibaca. Semangat dan ceritanya mengalir begitu saja ketika ia menceritakan kembali buku yang barusan dibacanya. Biasanya setiap orang memiliki genre tertentu terhadap bahan bacaan yang ia baca sesuai minatnya. 
Dari hasil penyampaiannya ternyata banyak pendengar yang tertarik untuk mencari dan membaca dari rekomendasi yang ia gambarkan terhadap isi buku tersebut. Cerita yang secara runut akhirnya membuat daya tarik bagi para pendengar untuk memiliki buku dan secara langsung ingin membaca buku tersebut.

Nah dari hal di atas ternyata sebenarnya para pencerita dalam hal ini seorang pembaca sedikit banyaknya sudah menyampaikan resensi dari buku yang ia baca. Hanya saja penyampaian tersebut belum selengkap yang menjadi resensi sebuah buku.

Baik, bagaimana kalau kita simak dengan saksama apa itu resensi buku sebenarnya. Berdasarkan penelusuran saya sebagai penulis yang masih jauh dari penulis hebat yang masih terus berproses mencoba mencari tahu apa itu resensi buku. Meskipun sebagai penulis pemula saya sudah mencoba meresensi beberapa buku yang sudah diterbitkan di media lokal tempat saya tinggal. 
Resensi adalah sebuah ulasan suatu buku yang ditulis oleh seorang penulis dengan memberikan berbagai penilaian dan pertimbangan dari sebuah buku yang dibaca. Baik kelebihan maupun kekurangan yang terdapat pada sebuah buku. 
Apa saja unsur-unsur yang terdapat dari sebuah buku yang akan diresensi
1. Judul 
Untuk meresensi sebuah buku, maka akan diperlukan menuliskan judul buku yang akan diresensi.

2. Data Buku

Semua terkait dari data-data buku yang akan diresensi baik itu judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya, tebal buku, ISBN, nama penulis, dan harga buku.

3. Pembukaan Resensi (lead)

Kalimat awal atau salam pembuka dalam meresensi sebuah buku menjadi bagian penting yang harus disampaikan oleh yang meresensi buku.

4. Isi Resensi Buku

Menyampaikan fakta dan informasi dari hasil bacaan yang dibaca dari sebuah buku. Berikan gambaran yang jelas terhadap buku yang dibaca.

5. Penilaian Kelebihan dan Kekurangan Buku

Berikan ulasan yang jelas baik itu kelebihan ataupun kekurangan dari buku bacaan yang sudah dibaca.

6. Penutup Resensi Buku

Berikan apresiasi dan kalimat motivasi baik kepada penulis buku maupun kepada pembaca agar berminat untuk membaca buku yang sudah dijadikan sebagai resensi.

Jika semua unsur sudah dipenuhi mala langkah selanjutnya adalah langkah-langkah dalam meresensi buku.

  1. Teliti terlebih dahulu buku yang akan dijadikan sebagai resensi mulai dari tema, deskripsi isi buku, hingga buku tersebut termasuk jenis yang mana.
  2. Bacalah secara tuntas dan teliti buku yang akan dijadikan resensi, jangan hanya sepenggal-penggal sehingga persepsi yang terbangun akan salah.
  3. Tandai setiap kata atau kalimat yang akan dijadikan kutipan pada resensi buku tersebut termasuk pada halaman berapa saja kalimat tersebut dikutip.
  4. Buatlah sinopsis atau intisari dari bahan buku yang akan diresensi dengan memberikan beberapa kalimat yang sesuai dengan relevansinya.
  5. Memberikan penilaian dan pertimbangan kelebihan dan kekurangan buku yang akan diresensi. Dalam memberikan penilaian sebuah buku ada indikator yang harus dipenuhi oleh seorang peresensi. Nilai kualitas sebuah buku yang diresensi. Dalam hal ini, hal yang harus diperhatikan adalah sistematika buku,  seperti penyusunan bab dan subbabnya (alur pemikiran seorang penulis serta ide-ide, analisis, kreativitas, dan lain sebagainya yang ditampilkan oleh seorang penulis pada bukunya.

Sumber : 
https://blog.ruangguru.com/cara-membuat-resensi-buku

Komentar

Ajidar iswandi mengatakan…
Terimakasih pak... Info yang luar biasa
bhp riau mengatakan…
Sami2 bu semangat belajar
Makasih pak atas ilmunya, sangat bermanfaat
bhp riau mengatakan…
Sama2 uda guru hebat... semangat terus uda mencerdaskan anak bangsa